hamba yang hina

Name: Aku
rumah: Di dalam aku
hamba:Jalantrabas Jalan Yang Cepat Menuju Ilahi

 

KOLOM BERITA

 

ARCHIEVES

 

SHOUTBOX

 

Pengunjung

geovisite
geovisite

 

Links

 
 

Sunday, 16 December 2007
KH.ASRORI AL ISHAQI

Kelurahan Kedingding Lor termasuk Kecamatan Kenjeran Kotamadya Surabaya. Di atas tanah kurang lebih 3 hektare ini dilakukan pengembangan Pesantren Fitriyah, diasuh Kiai Ahmad Asrari, putra Kiai Utsman Al-Ishaqi. Namanya dinisbatkan pada Maulana Ishaq, ayah Sunan Giri, karena Kiai Utsman masih keturunan Sunan Giri. Kiai Utsman berputra 13 orang.

Kiai Utsman adalah murid Kiai Ramli Tamim. Ia dibaiat sebagai mursyid bersama Kiai Makki Karangkates Kediri dan Kiai Bahri Mojosari Mojokerto.

Kiai Utsman mengembangkan tarekat di Kedingding Lor Surabaya. Penerusnya Kiai Ahmad Asrori. Dikembangkan kegiatan khushushiyah setiap Ahad pertama bulan Hijriyah di Jatipurwo dan Ahad kedua di Kedingding Lor. Pengikut kegiatan bisa mencapai rata-rata 4.000 orang (lebih banyak dari Rejoso dan Cukir ang jumlah rata-rata 1.000 orang).Dalam perkembangannya penerus Tarekat Kedingding Lor, Kiai Hilmi Ahmad, mengemukakan sikap pendirinya, bahwa tarekatnya netral, tidak memihak salah satu organisasi sosial politik manapun. Alasannya, kegiatan tarekat untuk ibadah, dzikir kepada Allah, taqarrub kepada Allah. Meskipun sikap politiknya netral, Tarekat Kedingding Lor memiliki hubungan luas, bahkan bisa mengakses kekuasaan. Misalnya Kiai Ahmad Asrari, salah seorang mursyid, ketika peringatan seratus hari wafatnya Ibu Tien Soeharto, ia didapuk memimpin tahlil akbar, baik di ndalem Kalitan Solo maupun di makan Astana Giri Bangun, Karanganyar.

Putra pendiri Tarekat Kedingdin Lor, Kiai Minan suatu ketika bertanya kepada ayahnya, Kiai Utsman, saat berjalan bersama menuju tempat pemungutan suara (TPS). "Sebaiknya memilih OPP (Organisasi Peserta Pemilu) mana?" Sang ayah menjawab, "Pemilu itu Luber, terserah kamu pilih yang mana. Kalau saya ngomong yang saya pilih, berarti tidak Luber lagi."

(Disarikan oleh mukhijab dari buku : Politik Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah Jombang, disertasi Mahmud Sujuthi
posted by Jalan trabas @ 22:04  
4 Comments:
  • At 6 June 2008 at 08:52, Blogger priyanto said…

    Nama Saya Priyanto Tinggal di Perum MGT Mustika Jaya Kota Bekasi. Bagaimana Cara aku bergabung dengan Bapak KH ASRORI AL ISHAQI, sedang saya tinggal di Bekasi?

     
  • At 19 January 2009 at 01:02, Anonymous musafir gendeng said…

    di masjid LIPPI. Jl. gatotsubroto jakarta
    tiap hari saptu jam 08.00
    khususi

     
  • At 26 January 2009 at 23:35, Blogger Musafir gendeng said…

    ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB.

    DIBERITAHUKAN KEPADA SELURUH JAMAAH AL-KHIDMAH BAHWA PADA HARI RABU, 28 JANUARI 2009, PUKUL 13.00 (BA’DA DHUHUR) DI PONDOK PESANTREN ASSALAFI AL-FITHRAH AKAN DISELENGGARAKAN MAJLIS DZIKIR DAN MAULIDURRASUL SAW DALAM RANGKA LAUNCHING BANTUAN REHAB GEDUNG MI DAN MTS SERTA PEMBERIAN BEASISWA BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN SE INDONESIA YANG AKAN DIHADIRI OLEH PRESIDEN RI BAPAK SUSILO BAMBANG YUDHOYONO DAN MENTERI AGAMA KH. MAFTUH BASYUNI. KEMUDIAN SETELAH ACARA SELESAI AKAN DILAKSANAKAN MUBAYA’AH.

    WASSALAMU’ALAIKUM WR.WB.

     
  • At 10 June 2009 at 01:29, Blogger z4enal said…

    assalamualaikum,saya zaenal dari pakis,nanya utk baiat murid baru tariqoh naqsabandiah,kapan?

     
Post a Comment
<< Home